Mengapa bola Golf Berlekuk-lekuk ?

Share:
   
   Alasan bola golf mempunyai lekukan diawali dengan seleksi alam. Awalnya bola golf halus, tetapi para pegolf memperhatikan jika bola lama dipukul dengan cara nick, bump, atau slice (cara-cara memukul bola golft) akan terbang lebih jauh. Pegolf secara alami akan memilih cara yang dianggap menyenangkan sehingga bola yang lama menjadi persoalan pokok.

    Dalam hal tertentu ahli dinamika udara seharusnya sudah melihat masalah ini, dan menyadari jika pukulan nick dan cut bertindak sebagai turbulator (pemutar). Hal ini menyebabkan terjadinya perputaran pada lapisan udara di sekitar bola (lapisan batas). Pada beberapa situasi lapisan batas turbulen akan mengurangi tarikan.

    Ada dua tipe aliran yang mengelilingi bola, yaitu laminar dan turbulen. Aliran laminar mempunyai lebih sedikit tarikan, tetapi lebih mudah membentuk pemisahan. Begitu pemisahan lapisan batas laminar terjadi, tarikan meningkat secara dramatis karena pusaran membentuk celah. Lapisan batas turbulen mempunyai lebih banyak tarikan pada awlnya, tetapi juga pelekatan yang lebih baik dan lebih sedikit mempunyai kecendrungan untuk terpisah. Oleh karena itu, jika bentuk suatu objek licin, pemisahan akan terjadi dengan mudah, dan lebih baik lapisan batas dijadikan turbulen agar meningkatkan pelekatan dan mengurangi pusaran. Lekukan pada bola golf adalah cara yang formal dan simetris untuk menciptakan turbulen, sama pada lapisan batas yang dilakukan bola pada pukulan nick dan cut.

Untuk membaca artikel dari sumbernya klik Disini

Tidak ada komentar